Diberdayakan oleh Blogger.

Text Widget

Sample text

Ads 468x60px

Followers

Featured Posts

Social Icons

Popular Posts

Ordered List

RSS

Pages

KUMPULAN CONTOH PROPOSAL



I.                   Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Proposal peringatan hari pahlawan ini.
Kami menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan proposal ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan proposal ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.


Jepara, 28 Oktober 2015

Penyusun

II.                Latar Belakang
                        Sebagai warga negara Indonesia kita perlu memperingati hari pahlawan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan Indonesia yang gugur dalam membela negara. Dalam mengenang jasa para pahlawan banyak hal yang dapat kita lakukan, seperti berkunjung ke makam para pahlawan, mengetahui sejarah para pahlawan dan lain-lain. Kita juga harus meneruskan jasa para pahlawan dengan cara lebih memajukan negara kita Indonesia. Untuk memupuk jiwa masyarakat tentang pentingnya mengenang jasa pahlawan, perlu dilaksanakan memperingati hari pahlawan setiap 10 November.
                                                                 
III.             Tujuan Kegiatan      
1.                  Mengajak seluruh warga sekolah untuk mengingat jasa jasa para pahlawan.
2.                  Meningkatkan persatuan dan kesatuan warga sekolah.
3.                  Membawa siswa untuk meningkatkan kreativitas dan kreasi.
4.                  Meningkatkan kerja sama diantara siswa.
5.                  Mengajak siswa melanjutkan perjuangan di era yang modren ini yaitu memajukan negara     Indonesia.
6.                  Tertanamnya nilai-nilai kepahlawanan dalam bentuk semangat pantang menyerah, menjunjung tinggi nilai solidaritas serta sportivitas dalam jiwa peserta pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya.
7.                  Tergalinya potensi-potensi lomba lomba.
8.                  Terbinanya spirit  bagi para pemuda di wilayah seluruh Indonesia
.
IV.             Jenis Kegiatan

A.    Festival Band
B.     Bazar
C.     Lomba Puisi
D.    Lomba membaca UUD 1945
E.     Undian Doorprize

V.                Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan Memperingati Hari Pahlawan dilaksanakan pada :

Hari dan Tanggal         : Jumat , 8 November 2015
Tempat                        : Lapangan SMK MUHAMMADIYAH 01 KELING
Waktu Kegiata            n          : Pukul 07.30 - 13.00
Pakaian                        : Seragam OSIS Lengkap

VI.             Susunan Kepanitian
                                                                                                                       
PANITIA KEGIATAN MEMPERINGATI HARI SMK MUHAMMADIYAH 01 KELING:

Pembina                       : Tutik Hariati, S.Pd
Ketua                           : Astutik Martya
Sekretaris                     : Septyana Dwi K
Bendahara                   : Endah Murdiana
Seksi Acara                 : Kuni Afifah 
Seksi Dana Usah         : Yeni Septiana
Seksi Humas                : Andy Wijaya 
Seksi Keamanan          : Taufiq Abdurrahman
Seksi Dokumentasi      : Asrul Nur Rahim
Seksi Peralatan            : Bayu Irawan
VII.          Anggaran Biaya

A. Rencana pemasukan

1. Iruan siswa 900 Orang        = 90%x5.000   Rp.4.000.000,00
2. Kas OSIS                                                    Rp.   300.000,00
3. Dari kepala sekolah                                     Rp.   700.000,00
4. Dari orang tua murid                                   Rp.2.000.000,00 +
Jumlah total                                                     Rp.7.000.000,00

B. Rencana penggeluaran

1. Spanduk                                                      Rp.   100.000,00
2. Panggung dan peralatan                              Rp.3.000.000,00
3. Tenda dan kursi                                           Rp.2.500.000,00
4. Konsumsi                                                    Rp.   900.000,00
5. Hadiah dan penghargaan                            Rp.  500.000,00 +
Jumlah total                                                     Rp.7.000.000,00

VIII.       Susunan Acara

Pukul 07.00                             : Pembukaan
Pukul 08.00 s/d 08.30             : Sambutan
Pukul 08.30 s/d 12.00                         : Acara Pokok Pensi
Pukul 12.00 s/d 13.00                         : Istirahat
Pukul 13.00 s/d 15.00                         : Doorprize
Pukul 15.00                             : Penutupan.


IX.             Harapan yang diinginkan
            Demi kelancaran dan terselenggaranya kegiatan untuk memperingati Hari Pahlawan ini, kami selaku panitia mengharapkan Bapak/Ibu dapat memberikan izin dan dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini, baik berupa moril maupun materil.
                                
X.                  Penutup
            Demikian proposal ini kami susun dengan hasil karya semua pihak yang terkait. Atas perhatian dan izinnya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,



Ketua Pelaksana                                                                           Sekretaris I                  














PROPOSAL
KEGIATAN PERKEMAHAN SABTU  MINGGU (PERSAMI)
SMK MUHAMMADIYAH 01 KELING
TAHUN 2015


A.    DASAR PEMIKIRAN
Kegiatan PERSAMI merupakan suatu alat pendidikan non formal bagi Pramuka penggalang Putra- Putri. Kegiatan ini di selenggarakan dalam rangka memperingati hari jadi PRAMUKA. Kegiatan yang di selenggarakan dalam bentuk perkemahan dan di isi dengan kegiatan-kegiatan kreatif, inovatif, atraktif, produktif, dan rekreatif serta menyenangkan yang mengarah pada timbulnya jiwa kemandirian dan mengembangkan keterampilan, ilmu pengetahuan dan potensi kepemimpinan.

B.     DASAR HUKUM
1.      Keputusan Presiden RI Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka.
2.      Keutusan Presiden RI Nomor 57 Tahun 1988 tentang pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka.
3.      Program kerja Gerakan Pramuka tahun pelajaran 2015/2016

C.    MAKSUD DAN TUJUAN
1.      Membangkitkan dan memotivasi sikap kehidupan berbangsa dan bernegara, serta kecintaan terhadap pramuka .
2.      Menanamkan nilai-nilai ke pramukaan kepada siswa.
3.      Menimbuhkan pemahaman akan arti penting kekuatan mental bagi siswa.
4.      Menimbulkan sikap kemandirian
5.      Mengembangkan potensi kepemimpinan.
6.      Menjalin silaturahmi anggota pramuka





D.    NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini dinamakan: “ Perkemahan Sabtu Minggu (PERSAMI) “
E.     TEMA KEGIATAN
”Melalui kegiatan Peringatan Kegiatan PERSAMI mari kita tingkatkan jiwa kemandirian, dan mengembangkan keterampilan, ilmu pengetahuan, dan potensi kepemimpinan ”.

F.     WAKTU DAN TEMPA KEGIATAN
Hari                 : Sabtu - Minggu
Tanggal            : 7 - 8 Oktober 2015
Pukul               : 08:00 s/d Selesai
Tempat            : Lapangan SMK MUHAMMADIYAH 01 KELING

G.    SUSUNAN PANITIA
- Pelindung/Penanggung jawab           : - Mabigus SMK Tirtayasa
                                                                       
- Pengarah/Pembina                             : - Pembina Pramuka
                                                                           

PANITIA PELAKSANA

Ketua Pelaksana       :
Sekretaris                  :
Bendahara                 :


Koordinator Lapangan            : 1.Misbah
                                       2. Marlan
                                       3. Paridah
                                       4. Jamaludin
                                       5. Dasep Abdurahman
                                       6. Ali Hamzah
                                       7. Budi Setiawan
                                       8. Rini Nuraeni
                                       9. Lenti
                                       10. Lindi Lasmawati
                                       11. Nurbaeti
                                       12. Nenti
                                       13. Tati
                                       14. M. Agus Rizaldi
                                       15. Anggun fauji
                                       16. Resi Rustiani
                                       17. Abdan Nurusli
                                       18. Irmawati
                                       19. Hilda Putriani
                                       20. Siti Marwati
                                       21. Eneng Sadiah
                                       22. Nonih
                                       23. Siti Rukoyah
                                       24. Aisah
                                       25. Siti Fatimah
                                       26. Siti sarah
                                       27.Awan Gunawan
  28. Agus Lesmanati
  29. Ninda Lidiawati

H.    RENCANA ANGGARAN BIAYA
1.      Pemasukan
-          Sekolah                                                                                 = Rp. 860.000,-
Jumlah                                                                                      = Rp.  860.000,-

2.      Pengeluaran
-          Biaya Pendaftaran                                                                = Rp. 350.000,-
-          Konsumsi& Transprotasi Pembina (3 x Rp.50.000,-)           = Rp. 150.000,-
-          Transportasi Pemberangkatan dan Penjemputan                  = Rp  100.000,-
-          Pembelian Paku(Paku Galosi + Paku renk)                          = Rp. 10.000,-
-          Pembelian Cat(Warna Merah dan Putih)                              = Rp. 100.000,-
-          Pembelian Tambang                                                             = Rp. 30.000,-
-          Pembelian Bendera Pramuka                                                = Rp. 100.000,-
-          Pembelian Bambu                                                                 = Rp. 20.000,-
Jumlah                                                                                      = Rp.  860.000,-

3.      Rekapitulasi
-          Pemasukan                                                                           = Rp.  860.000,-
-          Pengeluaran                                                                         = Rp.  860.000,- ­ -
Saldo                                                                                         = Rp.  0 (Nihil)


I. PENUTUP
Demikian proposal ini kami buat, apabila ada kesalahan kami akan senaniasa memperbaiki sebagaimana mestinya. Tidak lupa kami ucapkan terimaksih kepada semua pihak yang telah membantu baik materi maupun spiritual. Semoga niat baik kita di ridhoi oleh Allah SWT.


Jepara, 25 Oktober 2015


PANTIA PELAKSANA









PROPOSAL LOMBA ANTAR KELAS

A.    Latar Belakang
Upaya peningkatan mutu pendidikan merupakan suatu kegiatan yang tidak pernah lepas dari perhatian Kita semua , oleh karena itu perlu adanya strategi yang tepat untuk melaksanakannya. salah satu program yang akan dilaksanakan oleh Osis SMK MUHAMMADIYAH 01 KELING berkenan dalam hal ini yakni lomba antar kelas. Secara umum manfaat pendidikan lomba antar kelas bagi peserta didik adalah untuk membentuk potensi diri dan kebersamaan setiap individu dalam melakukan suatu kegiatan yang bersifat positif. Sehingga kami sadar bahwa perlombaan antar kelas juga perlu dilaksanakan demi meningkatkan potensi akademik maupun non akademik bagi Pelajar itu sendiri.

B.     Kegiatan dan Tema Kegiatan
Dalam kegiatan olahraga dan seni yang akan diselenggarakan dengan berbagai kegiatan dan perlombaan pada cabang olahraga dan seni dengan tema "Kembangkan kreativitas, semangat Olahraga dan Solidaritas".

C.    Tujuan
Pelaksanaan kegiatan pendidikan lomba antar kelas dimaksudkan untuk mencetak dan menghasilkan calon penerus bangsa yang berdedikasi tinggi dengan segenap kemampuan dan keterampilannya. Dan untuk menjaring bakat – bakat pasa siswa.

D.    Sasaran dan Target Kegiatan
Sasaran pada kegiatan ini yaitu, para siswa - siswi SMK MUHAMMADIYAH 01 KELING. Adapun target kegiatan ini yaitu diharapkan agar setelah kagiatan ini berlangsung para siswa dan siswi dapat terus mengembangkan kreativitasnya dan semangat juang serta rasa solidaritas yang tinggi.

E.     Manfaat Kegiatan
1)            Untuk menjaring bakat – bakat para siswa SMK MUHAMMADIYAH 01 KELING
2)            Menghasilkan calon penerus bangsa yang berdedikasi tinggi dengan segenap kemampuan dan keterampilannya.
F.     Peserta Kegiatan
Peserta kegiatan dalam pelaksanaan lomba antar kelas hanya diperuntukkan bagi Siswa dan Siswi SMK MUHAMMADIYAH 01 KELING.

G.    Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan tanggal 18 November sampai dengan 20 November 2015
 bertempat di SMK MUHAMMADIYAH 01 KELING.

H.    Jenis Perlombaan
1)      Melukis
2)      Basket
3)      Voly
4)      Menyanyi
5)      Menari
6)      Catur
7)      Lari maraton
8)      Lari estafet
9)      Tenis meja

I.       Anggaran
a)      Rencana Penerimaan
·         Dana OSIS                                           = Rp.1.500.000
·         Dana PHBN & PHBA Sekolah            = Rp.2.000.000
·         Dana Basket, Voly, Lukis                   = Rp.   758.000
·         Donasi dari Indosat                             = Rp.1.000.000

                                       Jumlah total     : Rp.5.155.000







b)      Rencana Pengeluaran
          Rincian Hadiah
Total hadiah dari 9 jenis lomba sebagai berikut :
·         Juara I    @Rp.100.000 + Piala @Rp.100.000 = Rp. 1.800.000
·         Juara II   @Rp.  75.000 + Piala @Rp.  90.000 = Rp. 1.485.000
·         Juara III @Rp.   50.000 + Piala @Rp.  80.000 = Rp. 1.170.000
                                                                     Total : Rp. 4.455.000

          Rincian Perlengkapan
·         Spanduk           = Rp.80.000
·         Peluit (3)           = Rp.45.000
·         Spidol  (3)        = Rp.18.000
                Total : Rp.   143.000

          Rincian Konsumsi
·         Air minum 10 dus = Rp.350.000
·         Snack (kue)           = Rp.300.000
                       Total : Rp.  650.000
                                                                                               
         Jumlah total : Rp.5.248.000

c)      Rekapitulasi Anggaran
a). Rencana Pengeluaran    = Rp.5.248.000
b). Rencana Pengeluaran    = Rp.5.248.000
c). saldo                              = Rp.    0

J.      Panitia
Pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) ini diserahkan kepada pengurus Osis serta organisasi yang dinaungi oleh Osis (PMR, PRAMUKA, ) dengan
susunan panitia sebagai berikut:
Pembina  Osis                          :
Ketua panitia                           : 
Sekertaris                                 : 
Bendahara                               : 
1)            Koordinator umum :
a.       Tifatul Kaban
b.      Jepta Kaban
c.       Swester Ginting
d.      Sengaja Tarigan
e.       Ricky Yakup
f.       Melani
g.      Rico Siahaan
h.      Bella Ika
i.        Jihan Melodic
j.        Rayhan S

2)            Seksi Perlengkapan:
1.      Ervina Sitepu
2.      Lijado
3.      Desi S
4.      Riri Y

3)            Seksi Konsumsi:
1.      Eka Barus
2.      Delianti Sitepu
3.      Rere Amalia











K.    Penutup
Demikian Proposal yang kami buat sebagai bahan acuan dan kerangka dasar demi
 terlaksananya kegiatan yang dimaksud, sekaligus menjadi bahan pertimbangan bagi Bapak/Ibu/Saudara ( i ) untuk berpartisipasi dalam kegiataan ini. Atas perhatian dan bantuannya kami hanturkan Terima Kasih.



Jepara, 28 Oktober 2015




Ketua panitia





 
                    
Sekretatis


                        
                          
PROPOSAL
KERIPIK KENTANG PEDAS MANIS



BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Indonesia merupakan negara yang memiliki kesuburan tanah yang sangat tinggi. Hal ini nampak pada hasil tanaman umbi-umbian, salah satunya yaitu kentang. Tanaman ini mempunyai kadar karbohidrat yang tinggi dan pada umumnya tahan terhadap suhu tinggi.
Kentang (Solanum tuberosum) tergolong bahan makanan yang kaya nutrisi dan semakin meningkat kebutuhannya. Beberapa manfaat tanaman kentang antara lain: sebagai bahan diversifikasi pangan non beras yang bernilai gizi tinggi, tanaman cepat menghasilkan (cash crop) bagi petani, komoditas ekspor non-migas, bahan dasar industri pangan dan tekstil, serta bahan makanan fast-food yang menjamur di kota-kota besar.
Saat ini potensi di sekitar pertanian menjadi salah satu aspek yang harus diprioritaskan dan menjadi peluang usaha yang bagus bagi pembangunan nasional. Misalnya dengan mengolah umbi-umbian  menjadi berbagai macam makanan ringan maupun berat yang mempunyai rasa khas dan tahan lama untuk disimpan. Bentuk olahan tersebut bisa berupa tepung, gaplek, tapai, keripik dan lainnya.
Makanan ringan atau snack telah berkembang dengan pesat baik jenisnya, cita rasa maupun kemasannya. Salah satu jenis makanan ringan yang cukup berhasil di pasaran adalah keripik. Produk makanan ringan dalam perkembangannya dapat diproduksi dari berbagai macam bahan baku diantaranya makanan ringan berbahan baku kentang.
Keripik merupakan salah satu makanan ringan favorit yang pastinya disukai oleh banyak orang. Selain enak, pembuatan keripik ini tergolong mudah, sehingga banyak orang yang menyukainya bahkan menjadikannya peluang bisnis yang memiliki omset penjualan cukup tinggi. Pembuatan keripik saat ini masih terbatas pada usaha kecil atau industri rumah tangga dengan ditujukan untuk pasaran lokal. Pada umumnya dipasarkan melalui pedagang perantara, warung, toko-toko kecil, penjajah jalanan serta pasar swalayan dengan pengemasan dan cara pengemasan bervariasi tergantung pada sasaran yang dituju. Dengan makin baiknya pengolahan dan pengemasan sehingga diperoleh keripik singkong yang bermutu dan terjaga kebersihan, diharapkan pemasaran produk ini dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.






BAB II
RENCANA BISNIS


2.1 Deskripsi Usaha

        Usaha ini saya dirikan karena melihat adanya sebuah peluang usaha yang sangat besar. Selain itu keripik kentang ini sangat diminati oleh berbagai kalangan dari mulai anak – anak sampai orang dewasa karena digunakan sebagai makanan cemilan. Pengelolaan terhadap usaha ini sudah terbilang mudah dan cepat diterima masyarakat.

        Saya berharap dari usaha saya ini nantinya dapat berkembang dan bisa mencukupi kebutuhan hidup serta memberikan laba yang cukup besar. Keripik kentang ini saya buat bebas dari bahan pengawet dan rasanya gurih, enak, pedas.

1. Produk
    Produk yang dihasilkan berbentuk keripik yang memiliki ukuran seragam terbuat dari olahan kentang yang diberi bumbu-bumbu serta berbagai macam penunjangnya.
    Bahan – bahan pembuatan keripik kentang pedas manis :
1) Kentang
2) Minyak goreng
    3) Garam
    4) Gula
5) Sambal ABC

Alat – alat :
1) Penggorengan (wajan)
2) Kompor atau tungku
3) Baskom
4) Pisau
5) Sendok

2. Tempat
Tempat produksi dilaksanakan di rumah Jl. TDM II Oebufu – Kupang. Lokasi ini dipilih karena lokasinya dekat dengan sarana transportasi, area pemasaran dan pasar sebagai tempat pembelian bahan baku.

3. Proses Produksi
Cara membuat keripik kentang ini yaitu :
1.    Kentang dikupas terlebih dahulu lalu dicuci hingga bersih
2.    Kentang diiris dengan menggunakan slicer (pengiris kentang) lalu direndam dalam air kapur sirih agar kentang keras dan hasilnya lebih renyah. Dapat ditambahkan garam juga pada air rendaman agar lebih gurih.
3.    Goreng kentang hingga matang dan kering, lalu tiriskan. Minyak yang digunakan dalam menggoreng harus merupakan minyak yang baru agar keripik kentang lebih renyah.
4.    Tumis sambal masak ABC sampai harum dengan dicampur sedikit garam dan bawang putih. Lalu masukkan  gula, masak hingga gula meleleh dan merata.
5.    Masukkan kentang, campurkan hingga merata dan angkat
6.    Simpan dalam wadah kedap udara.

2.2 Aspek Pemasaran
  
        Kegiatan pemasaran mempunyai peran sangat penting dalam kelancaran suatu usaha. Lancar tidaknya usaha ini selain dilihat dari kualitas produk, juga tergantung dari bagaimana cara kita sebagai produsen memasarkannya dengan strategi yang baik. Dalam usaha ini kami melakukan dua cara pemasaran, yaitu pemasaran langsung dan pemasaran tidak langsung.
        Kegiatan pemasaran langsung, yaitu memasarkan produk secara langsung kepada konsumen tanpa perantara lain. Cara ini dilakukan pada usaha dengan kapasitas yang kecil atau secara skala rumah tangga. Keuntungan memperoleh laba dalam menggunakan jalur pemasaran ini lebih besar daripada pemasaran tidak langsung karena tidak memberikan jasa kepada pengecer atau distributor.
        Kegiatan pemasaran tidak langsung, yaitu memasarkan produk melalui pengecer. Cara ini dilakukan dengan dua strategi pemasaran, pertama memasarankan di tempat-tempat yang stategis, seperti: di tempat-tempat wisata. Kedua,  memasarkan dengan cara menitipkan produk ke tempat mini market.Harga di pasaran sebesar Rp 30.000 per 250 gram.

2.3. Strategi Pengembangan Usaha
Ada beberapa strategi untuk pengembangan usaha yang akan dilaksanakan, yaitu:
1.    Promosi yang menarik dan berkesinambungan.
2.    Menciptakan keripik kentang dengan bentuk yang menarik tidak sekedar bulat, seperti bentuk segitiga, persegi dll.
3.    Menjual di beberapa tempat yang ramai, seperti tempat wisata, wilayah kampus, wilayah sekolah, dan supermarket.




BAB III
Analisis Swot

1.    Kekuatan (Strength)
a.Harga Terjangkau
b.Kualitas Terjamin
c. Bahan baku yang mudah didapat
d. Tidak menggunakan bahan pengawet
e. Proses produksinya mudah sehingga tidak mebutuhkan banyak waktu dan tenaga
2.     Kelemahan (Weakness)
a. Rasa dan bentuk keripik yang seragam
b.    Management tradisional
c.    Sarana dan prasarana sederhana
3.     Peluang (Opportunity)
a.    Pasar yang masih luas
b.    Bahan baku yang mudah didapat
4. Ancaman (Threath)
a.    Munculnya variasi makanan jajanan
b.    Munculnya pesaing baru
c.    Sumberdaya manusia yang masih rendah pendidikan

















BAB IV
Analisis Biaya


Rincian biaya-biaya yang di keluarkan dalam pengolahan keripik kentang pedas manis untuk 1 (satu) bulan adalah :

A.Biaya Bahan Baku
               Kentang 15 kg @10.000                                     Rp   150.000,00
                     Minyak Goreng 15 ltr         Rp   195.000,00
                     Garam halus 10 bks @1.000                             Rp     10.000,00
        Gula 3 kg @14.000                                                Rp     50.000,00
      Sambal ABC 15 botol@ Rp 30.000               Rp   450.000,00  
                  Minyak tanah30 liter@Rp 1500/liter               Rp     60.000,00

    
 
              Jumlah biaya bahan baku             Rp   915.000,00          

B.  Biaya Peralatan
                  Baskom 3 @ 10.000                                        Rp     30.000,00
                  Pisau 3 @ 10.000                                                       Rp     30.000,00
          Alat Pengiris Kentang 3@ 500.000                 Rp 1.500.000,00
                      Wajan 2 @150.000                             Rp    300.000,00
                  Kompor 2 @ 300.000                                             Rp    600.000,00
                  Sutel (sendok penggoreng) 2 @ 25.000             Rp      50.000,00
    Sendok Peniris Minyak 2@Rp 20.000            Rp     40.000,00
                  Timbangan                                                                 Rp    150.000,00
               
                      Jumlah biaya peralatan                                Rp  2.700.000,00

C.  Biaya Penyusutan Peralatan
       BPP = Jumlah Biaya Peralatan / Umur Ekonomis
        =  Rp  2.700.000 : 12 bulan
              = Rp 225.000,00 (dalam 1 tahun)
  Biaya penyusutan peralatan perbulannya :
Rp 225.000 : 12 = Rp 18.750



D.       Biaya Pengeluaran per Bulan
                  Biaya transportasi dan pemasaran                  Rp    150.000,00
                  Biaya tenaga kerja 2 org @1.000.000            Rp  2.000.000,00
                                 
                  Jumlah pengeluaran per bulan                  Rp  2.150.000,00

I.     Perhitungan Penerimaan
1.      Produksi
Keripik kentang yang diproduksi adalah 200 bungkus dalam 1 (satu) bulan dengan berat keripik per bungkus ialah 250 gram. Harga per unit produksi ialah Rp 30.000.

2.      Penerimaan
Penerimaan  = Produksi x Harga per unit produksi
      =    200   x  Rp 30.000
      = Rp 6.000.000


II.  Biaya Produksi
Berikut jumlah rincian biaya produksi keripik kentang untuk menghasilkan 200 bungkus:
Biaya bahan baku                                                         Rp     915.000,00
Biaya peralatan                                  Rp  2.700.000,00
Biaya gaji                                                                      Rp  2.000.000,00
Biaya transportasi dan pemasaran                                 Rp     150.000,00
 Biaya Penyusutan Peralatan per bulan        Rp      18.750,00
    Jumlah                                                           Rp  4.868.750,00



III.   Keuntungan ( Pendapatan )
    Keuntungan  = Penerimaan – Biaya Produksi
                 =  Rp 6.000.000 – Rp 4.868.750
                 =  Rp 1.131.250,00

Dari hasil analisis biaya diatas maka keuntungan yang didapatkan untuk memproduksi keripik kentang dlaam periode produksi 1 bulan adalah Rp 1.131.250,00.



PENUTUP

    Keyakinan dan harapan saya sebagai pengusaha keripik kentang adalah ingin usaha ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang saya harapkan dan juga dapat memberikan keuntungan bagi masyarakat luas. Selain itu juga saya berharap agar usaha saya ini mendapatkan perhatian dari pemerintah agar setiap kendala yang dihadapi oleh usaha ini dapat ditanggulangi sehingga kedepannya usaha ini dapat berkembang menjadi lebih baik lagi dan dapat bersaing dengan inndustri – industri terkemuka yang ada.

PROPOSAL KUE CUBIT


BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan kemajuan-kemajuan hampir di seluruh aspek  kehidupan manusia.  Di era modern ini berbagai alat canggih dan mutakhir semakin mengiringi kehidupan manusia sehari-hari. Imbasnya hal-hal tradisionalpun perlahan semakin ditinggalkan dalam rangka penyesuaian hidup sebagai manusia modern.  

Salah satu contoh yang mulai ditinggalkan adalah makanan-makanan tradisional yang proses dan penyajiannya memakan waktu cukup lama bila dibandingkan dengan berbagai makanan cepat saji (fast food) yang saat ini terdapat dimana-mana. Tentunya, segala sesuatu yang cepat saji dan modern tak selamanya memiliki segalanya; makanan fast food cenderung berlemak dan tidak sehat. Lalu bagaimana cara menemukan solusi agar makanan cepat saji tetap enak dan sehat?

Kue Cubit merupakan salah satu kue basah jajanan tradisional khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang nikmat. Kue ini disajikan dalam berbagai varian rasa yakni green tea, buble gum, oreo, strawberry, dan chocolate  yang cukup mengganjal rasa lapar pada perut.  Kue ini dapat disajikan dengan kurun waktu 5-10 menit sehingga tak memakan waktu lama untuk segera melahapnya.

Penyajiaannya yang cepat, rasa yang enak, nikmat dan tetap sehat membuka peluang usaha yang cukup menjanjikan. Usaha kue cubit dapat dijalankan secara sederhana serta sasaran konsumennyapun luas. Dengan berlandaskan alasan-alasan tersebut saya berniat membuka usaha kue cubit aneka rasa dengan nama Pinch Cake.







B.     VISI DAN MISI USAHA
Visi usaha ini adalah menjadikan masyarakat luas mengetahui jajanan kuliner tradisional khas Indonesia dengan mengadakan pendekatan kepada masyarakat bahwa kue cubit adalah cemilan yang sehat, enak, dan mengenyangkan serta dapat diolah dengan berbagai rasa. Sedangkan misi dari usaha ini adalah:
a.       Mengadopsi resep tradisional bernuansa modern.
b.      Menjadikan kue cubit menjadi cemilan makanan yang berkelas.
c.       Membuat kesan rasa yang tidak monoton dengan aneka rasa kue cubit.


























BAB II
PROFIL BADAN USAHA
A.    Manajemen
Nama Perusahaan                    : Pinch Cake
Nama Pemilik                          : Retno Wulandari
Bidang Usaha                         : Kuliner Tradisional
Jumlah Karyawan                   : 1

B.     Pemasaran    
Produk yang ditawarkan         : Kue Cubit Aneka Rasa
Sasaran Konsumen                  : Semua usia dan kalangan
Wilayah Pemasaran                 : Tempat-tempat strategis: sekolah, pasar, jalan utama.

C.    Keunikan Produk
Usaha kue cubit ini merupakan jajanan tradisional sehat yang disediakan secara cepat dengan aneka macam rasa modern (green tea, buble gum, oreo, strawberry, dan chocolate) sehingga menimbulkan kesan tradisional yang modern serta tidak monoton. Usaha ini didirikan dengan membuka stan makanan di tempat strategis dan dikemas dengan kemasan daur ulang sehingga ramah lingkungan.

D.    Laporan Keuangan
a.      Biaya Tetap
No
Keterangan
Harga (Rp)
1
Booth Makanan
750.000
2
Mixer dan Cetakan
605.000
3
Panci Besar
87.000
4
Kompor Gas
240.000
5
Peralatan lain-lain
200.000
Total Biaya
 1882.000,00




b.      Biaya Variabel
No
Keterangan
Harga (Rp)
1
Telur
60.000
2
Gula Pasir
25.000
3
Tepung Terigu
40.000
4
Margarine
60.000
5
Lain-lain
65.000
Total Biaya
250.000,00

Total Biaya Tetap+Biaya Variabel= Rp. 2.092.000,00
·         Modal Awal                                                         : Rp. 2.092.000
·         Harga jual per porsi kue cubit (isi 5)                 : Rp. 10.000
·         Target per hari 50 porsi                                     : Rp. 500.000
·         Analisis Timbal Balik Modal                 
Penghasilan Perhari-Biaya Variabel                            : 500.000-250.000= Rp. 250.000
Periode pengembalian modal dengan 9x produksi, yakni :
Rp. 250.000,00 x 9                                                     : Rp. 2.250.000,00
Keuntungan selama 9 hari                                           : Rp. 2.250.000,00
·         Keuntungan per produksi (minimal)                : Rp. 250.000,00
·         Keuntungan per bulan                                                   : Rp. 7.500.000,00

E.     ANALISIS SWOT
a.      Strength (Kekuatan)
-          Memiliki SDM dengan etos kerja yang baik
-          Produk higenis dan harga ekonomis
-          Inovasi rasa yang berbeda dan beraneka ragam
b.      Weakness (Kelemahan)
-          Harga bahan baku yang tidak stabil
c.       Opportuniy (Kesempatan)
-          Mitra kerja yang banyak
-          Budaya masyarakat yang konsumtif
d.      Threat (Hambatan)
-          Kompetitor yang bergerak di bidang usaha yang sama

BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN

Membuka usaha kuliner merupakan bisnis yang menjanjikan, terlebih lagi produk yang disajikan memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri yang dapat menarik konsumen. Bisnis kue cubit ini menyajikan citra rasa yang beraneka ragam dengan khas tradisional Indonesia. Dengan segenap usaha, saya akan menjalankan bisnis ini dengan telaten hingga meningkatkan omset sehingga dapat menyebarkan cabang bisnis usaha. Dengan meningkatnya serta menyerbarnya gerak langkah usaha ini juga sekaligus berpartisipasi dalam memperkenalkan makanan khas tradisional Indonesia ke lebih khalayak luas.



 PROPOSAL MARTABAK MANIS



KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas rahmat dan hidayahNya yang diberikan kepada kami, kami dapat menyelesaikan PROPOSAL USAHA MAKANAN RINGAN “MARTABAK MANIS”, walaupun masih mungkin terjadi kekurangan dalam pembuatannya.
Berwirausaha adalah pekerjaan yang mulia, selain untuk mencari keuntungan/laba bagi diri sendiri juga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain. Maka dari itu penulis menginginkan bisa membuka usaha kecil yang berharap semakin hari makin berkembang dan mampu menyerap tenaga kerja.
Kami berharap dengan disusunnya proposal usaha ini, usaha kami bisa berjalan sesuai dengan rencana yang dibuat. Kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak sangat kami harapkan demi membantu perkembangan usaha kami pada masa yang akan datang.
Demikian kata pengantar dari kami, jika ada kurang dan lebihnya kami mohon maaf. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.




Jepara, 31 Januari 2016


Penulis




PROPOSAL USAHA MAKANAN RINGAN
“MARTABAK MANIS”
A.    Latar Belakang
Dalam menjalani sebuah bisnis, ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dan ketahui secara seksama bahwasanya saat kita memulai sebuah rintisan usaha maka peluang pasar dan cara menggaet pelanggan atau penjual merupakan sebuah hal yang begitu penting bahkan keduanya harus saling mengikat dalam sebuah usaha. Jadi langkah-langkah yang mesti kita lakukan dalam memulai bisnis adalah pertama-tama marilah kita mencoba setidaknya untuk segera mengetahui bagaimana peluang pasar dalam bisnis kita serta bagaimana pula cara memperoleh order tersebut. Kemudian yang kedua yaitu kita senantiasa harus mampu bagaimana menganalisa mengenai kekuatan dan kelemahan terhadap kompetitor atau pesaing kita dan seberapa jauh mana kemampuan kita ini dalam melakukan persaingan dengan mereka secara baik melalui harga, pelayanan dan juga segi kualitasnya. Dan terakhir yaitu adalah berusaha segenap kemampuan kita bahwa dengan segala persiapan yang dimulai dari mental serta keberanian dipadukan menjadi satu.
Kita perlu ketahui juga dengan menyingkirkan segala hambatan psikologis yang dihadapi seperi adanya rasa malu, takut menghadapi kegagalan serta munculnya perang batin merupakan suatu hal yang utama dari bisnis yang akan dimulai karena perasaan-perasaan tersebut dapat memusnahkan pikiran keberhasilan kita dalam mencapai suatu ide bisnis yang mulai kita bentuk. Maka dari itu, kita perlu ingat dan jangan sampai terlupakan bahwa kita ini harus siap menghadapi segala resiko yang akan terjadi, dimana resiko bisnis itu seperti adanya keuntungan dan kerugian yang kita peroleh. Jadi perbandingan tingkat resiko dengan keuntungan itu searah, yaitu semakin besar keuntungan yang didapat maka resikonya pun semakin besar dan sebaliknya pula. Dan perlu kita pahami juga bahwa senantiasa kita memerlukan sikap keberanian dalam mencoba dan memulai. Jangan terlalu banyak wacana yang dibuat daripada aksi yang mau dilakukan. Oleh karena itu, kita lebih baik mencoba tetapi gagal dibandingkan kita gagal dalam mencoba.
Pada konsep pemasaran ternyata ada banyak sekali bentuk beserta jenis keaneka ragaman makanan yang kecil hingga besar. Tak ketinggalan pula dari sisi harga yaitu mulai yang murah hingga sampai yang mahal. Kebutuhan sehari-hari kita sungguh banyak sekali terdiri atas beberapa aktivitas yang dijalani oleh setiap orang. Dengan aktivitas tersebut pastilah akan semakin padat tiap hari sehingga membuat banyak orang membutuhkan adanya asupan makanan tambahan yang penuh kemanfaatan bagi kesehatan tubuh. Kini makanan-makanan yang dijajakan untuk beberapa tempat memang sudah bermacam-macam, akan tetapi biasanya makanan yang dijual sebenarnya bukan makanan tradisional yang khas Indonesia melainkan makanan yang hanya menirukan bentuknya saja tanpa memikirkan rasanya, serta harga yang ditawarkan lumayan mahal.
Salah satu makanan tradisional yang cukup sederhana dan sangat cocok untuk menjadi makanan konsumsi di malam hari, sekaligus makanan ringan yang cukup istimewa. Makanan itu bernama “MARTABAK MANIS”. Untuk membuat makanan tradisional ini sangatlah sederhana dan pembuatan makanan ini akan lebih dilakukan secara higienis serta akan dijual dengan harga yang dapat dijangkau semua kalangan, tentunya hal ini akan bisa menarik minat masyarakat.
Keberadaan makanan tradisional ini merupakan sebagai salah satu makanan tradisional khas dari Indonesia yang memiliki rasa lezat, enak, nikmat dan juga mengandung nutrisi protein serta makanan tradisional ini telah dikenal dari masa ke masa. Oleh karena itulah, bisnis makanan ringan ini sungguh layak untuk dikembangkan menjadi salah satu bisnis kuliner alternatif yang ada di Indonesia. Adanya beberapa potensi yang dibahas sebelumya di atas, maka saya ingin membuat usaha makanan ringan, yaitu usaha makanan “MARTABAK MANIS” untuk dikembangkan menjadi usaha yang cukup besar sehingga masyarakat sekitar senantiasa selalu mengingat makanan tradisional khas dari Indonesia ini.

B.     Visi
Menjadikan makanan tradisional yang khas dari Indonesia yang mampu mencapai dan menembus hingga ke pasaran secara global.
C.    Misi
1.      Membuat martabak manis yang beraneka rasa dan digemari oleh semua kalangan
2.      Memasarkan martabak manis di beberapa tempat, baik di pasar maupun di supermarket
3.      Menyiapkan dan menyediakan beberapa outlet martabak manis beberapa di tempat ramai, misalnya sekolah, kampus, maupun mall-mall
4.      Membangun usaha wisata kuliner makanan khas Indonesia.

D.    Analisa Peluang Usaha
Dalam memulai usaha, ada hal yang harus dilakukan terlebih dahulu yaitu mengukur kemampuan pada pesaing, yaitu dengan melalui analisis SWOT:
1.     Strenght / Kekuatan
Kekuatan dari produk makanan ringan ini yaitu :
·         Menjual produk makanan untuk semua kalangan masyarakat
·         Satu produk terdiri atas beragam macam bentuk dan rasa.
·         Bahan produk yang higienis dan sangat terjamin
·         Harga produk cukup terjangkau
2.     Weakness / Kelemahan
Kelemahan dari produk makanan ini yaitu :
·           Bersifat tidak tahan lama
·           Produk makanan yang mudah untuk ditiru jenis dan bentuk
3.     Opportunity / Peluang
·           Tempat yang penuh strategis dan dapat dijangkau setiap masyarakat
·           Fasilitas yang cukup memadai dan mampu diperoleh secara cepat
4.    Threath / Ancaman
Adanya kompetitor yang menjual produk makanan martabak manis dengan harga yang cukup rendah.
E.     Marketing Mix
1. Product (Produk)
Produk yang dijual adalah “Martabak Manis” dan makanan ini merupakan makanan ringan yang sesuai dengan keadaan masyarakat dan makana selingan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Price (Harga)
Harga per porsi martabak manis yaitu sebesar Rp 10.000 dan harga ini sungguh terjangkau.
3. Promotion (Promosi)
Untuk melakukan promosi produk ini dapat dilakukan dengan cara yaitu menyebarkan brosur makanan ini pada masyarakat sedangkan dalam masa promosinya untuk tiap pembelian 1 paket yang berisi 5 porsi akan ada  diskon sebesar 10% dari harga tersebut.


4. Place (Tempat)
Tempat yang dipilih yaitu di depan ruko stadion brawijaya karena letak dari tempat ini cukup strategis dan dapat dijangkau oleh para konsumen.

F.     Perhitungan Modal dan Harga Jual
1. Modal :
ü Bahan Baku
1.  Terigu 2 kg                                     Rp  11.000
2.  Telur 2 kg                                       Rp  20.000
3.  Gula Pasir 1 Kg                                          Rp  10.000
4.  Air                                                  Rp   -
5.  Garam                                             Rp   4.000
6.  Baking powder /soda kue                          Rp   3.000
7.  Margarin Blue Band                       Rp   7.000
9.  Fermipan atau ragi                           Rp   3.000     +                                                                
Rp 58.000
ü Bahan Taburan
1. Keju                                                 Rp 15.000
2. Meises                                             Rp   7.000
3. Kacang tanah 1/2 kg                       Rp   5.000
4. Susu kental MANIS                         Rp   9.000     +
Rp. 36.000
ü Bahan baku tambahan yaitu pemakaian gas   =   Rp.   40.000

Jadi total jumlah :  Bahan baku + bahan taburan + bahan baku tambahan =
Rp 58.000    +        Rp 36.000       +      Rp 40.000          =  Rp. 134.000





2.  Harga Jual
v Harga Jual    :                                   Rp 10.000 x 40 porsi  =   Rp. 400.000
v Harga Pokok Produk per unit :
Harga beli bahan baku                                                     Rp  3.500
Harga beli bahan tambahan                                             Rp  2.000      +
Rp  5.500
Jumlah HPP   :  Rp  5.500 x 40 porsi =      Rp 220.000
G.    Perhitungan Rugi Laba
Pendapatan dari penjualan                                          Rp.  400.000
Harga Pokok Penjualan                                               Rp.  220.000
Laba Kotor                                                                  Rp.  180.000
ü Biaya penjualan:
Biaya pembuatan brosur                                                Rp   25.000
Biaya transportasi                                                          Rp   30.000
Biaya sewa tempat                                                       Rp   20.000
Biaya listrik dan air                                                       Rp   10.000
Biaya komunikasi                                                          Rp   22.000
Biaya lainnya                                                                 Rp   10.000   +
Rp 117.000
Laba bersih                Rp.  180.000 - Rp 117.000  =  Rp   63.000
H.     Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan di atas maka kesimpulan yang dapat digambarkan mengenai proposal usaha makanan ringan ini yaitu martabak manis bahwa agar produk yang akan dipasarkan ini bisa diterima oleh seluruh kalangan, sebaiknya kita harus mengetahui dan melakukan beberapa hal, yakni :
o   Membuat produk yang berkualitas, laris dan bermanfaat untuk dijual dengan harga yang mampu bersaing;
o   Membuat desain atau cover produk yang inovatif dan kreatif serta memasang harga terjangkau;
o   Membuat produk yang bisa lebih cepat dan tentunya tahan lama ( paling lama 3 hari );
o   Menentukan wilayah pemasaran yang strategis sehingga bisa bersifat menguntungkan.
                                                           
I.       PENUTUP
Keberhasilan suatu usaha ditentukan dari seberapa besar kerja keras yang dilakukan oleh seorang wirausahawan. Maka dari itu melalui proposal ini semoga bisa menjadi pedoman dalam menjalankan usaha martabak manis ini dan bisa berkembang dikemudian hari.
Demikian proposal ini kami buat semoga bermanfaat. Tak ada ganding yang tak retak,tak ada kesempurnaan di dunia ini dalam segala hal, karena kesempurnaan semata – mata milik Tuhan Yang Maha Esa. Karena itu kami sadari bahwa proposal yang kami buat dengan cara sederhana ini masih sangat jauh dari sempurna.
Pintu kritik dan saran senantiasa kami buka untuk membuka pintu diri demi memperluas cakrawala penegetahuan kami dalam menyusun proposal ini pada masa yang akan datang.
Terima kasih atas kerja sama dari semua pihak sehingga proposal ini dapat terselesaikan.




 PROPOSAL PISANG GORENG



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Pisang Coklat merupakan makanan kecil atau cemilan yang disukai oleh banyak orang. Tidak sedikit Warga Negara Indonesia yang menyukai pisang Coklat. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai makanan ini. Bahkan orang-orang barat juga telah jatuh cinta dengan pisang Coklat. Harganya yg murah , terjangkau oleh banyak masyarakat , dan rasanya yang enak membuat pisang Coklat ini menjadi salah satu peluang usaha bisnis kecil yang sangat menguntungkan.
Indonesia merupakan salah satu Negara penghasil pisang terbesar di dunia. Pisang yang dihasilkan di Indonesia juga mempunyai rasa yang berkualitas dan beragam jenisnya. Pisang Coklat akan menjadi usaha bisnis kecil yang menguntungkan sejak dulu dan mulai berkembang dengan berbagai rasa.
Tidak hanya itu , pisang coklat dengan berbagai macam variasi itu pun mulai diekspor ke mancan Negara ( terutama di Negara-negara asia lainnya ). Banyaknya permintaan pasar dunia akan cemilan yang satu ini membuat alasan lain kenapa bisnis ini menjadi bisnis yang mempunyai peluang yang sangat bagus untuk diperjual-belikan. Keutungan yang mungkin diperoleh dari bisnis pisang coklat ini kemungkinan sesuai apa yang diharapkan sebelumnya.
Di 5 tahun ( terakhir ) penjualan pisang coklat beraneka macam rasa itu pun naik drastis hingga 75% dan ekspor penjualan pisang ke berbagai Negara di dunia ( di Negara asia naik hingga 50% sejak tahun 2008 ). Kenaikan ini membuktikan bahwa bisnis pisang beraneka rasa memiliki peluang bisnis yang sangat menguntungkan. Tidak perlu ada pembuktian lagi tentang keuntungan yang didapatkan dari usaha bisnis ini. Hasil survey juga telah membuktikan bahwa usaha bisnis pisang goreng ini memang benar-benar menguntungkan.


B.      Visi
Menjadikan makanan tradisional yang khas dari Indonesia yang mampu mencapai dan menembus hingga ke pasaran secara global.
C.     Misi
Dengan semakin bertambahnya suatu rasa dari sebuah makanan atau cemilan , maka pisang coklat beraneka rasa ini merupakan salah satu cara untuk menarik minat para pecinta makanan kecil / cemilan. Masyarakat pun ingin mencicipi atau merasakan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Karna itu dengan dibukanya pisang coklat beraneka rasa ini.













BAB II
 ASPEK PEMASARAN 
A.  Analisa Peluang Usaha
1. Strenght / Kekuatan
Kekuatan dari produk makanan ringan ini yaitu :
– Menjual produk makanan untuk semua kalangan masyarakat
– Satu produk terdiri atas beragam macam bentuk dan rasa.
– Bahan produk yang higienis dan sangat terjamin
– Harga produk cukup terjangkau
2. Weakness / Kelemahan
Kelemahan dari produk makanan ini yaitu :
– Bersifat tidak tahan lama
– Produk makanan yang mudah untuk ditiru jenis dan bentuk
3. Opportunity / Peluang
– Tempat yang penuh strategis dan dapat dijangkau setiap masyarakat
– Fasilitas yang cukup memadai dan mampu diperoleh secara cepat
B.  Marketing Mix
1. Product (Produk)
Produk yang dijual adalah “Pisang Coklat” dan makanan ini merupakan makanan ringan yang sesuai dengan keadaan masyarakat dan Makanan selingan dalam kehidupan sehari-hari.
2. Price (Harga)
Harga per 1 Pisang Coklat yaitu sebesar Rp 1.500 dan harga ini sungguh terjangkau.
3. Place (Tempat)
Dalam Hal ini saya dan teman saya melakukan Penjualan Dari rumah ke rumah. Kami menarima pesanan Dari pembeli.
















BAB III
PERENCANAAN KEUANGAN
A.  Proses Produksi
Pembuatan pada Pisang Coklat ini yaitu bahan-bahan yang diperlukan serta proses produksinya adalah sebagai berikut :
Bahan-bahan:
Bahan:
– 2 Sisir pisang kepok, kupas kulitnya, belah membujur jadi dua
– 3 bungkus lembar kulit lumpia siap pakai
– meisis seres 4bungkus
– 1 butir telur ayam, kocok
– Minyak untuk menggoreng secukupnya
Cara membuat:
– Masukkan 1 bagian pisang ke dalam selembar kulit lumpia.
– Taburi pisang dengan meisis seres sampai merata.
– Tambahkan 1 bagian pisang lainnya agar cokelat berada di tengah-tengah.
– Gulung kulit lumpia hingga pisang terbungkus rapi. Olesi ujung lumpia dengan telur ayam yang sudah dikocok agar tidak lepas.
– Goreng pisang yang sudah dibungkus kulit lumpia ke dalam minyak goreng yang sudah panas.
– Jika kulit lumpia sudah berwarna kuning kecoklatan atau matang, angkat dan tiriskan.
– Piscok siap untuk dihidangkan.
B. Modal Usaha
– Pisang Kepok 2 sisir : Rp. 15.000
– Kulit lumpia 4 bungkus: Rp. 10.000
– Minyak 1 Liter : Rp. 23.000
– Meisis 2 bungkus : Rp. 10.000
– Plastik Bungkus 1 Pack : Rp. 5.000
Total keseluruhan :Rp. 63.000
C. Estimasi BEP
Target penjualan pisang coklat perhari adalah 16 bungkus (isi3). Waktu mulai berjualan tanggal 27 Maret 2014 – 11 April 2014, setiap hari senin – minggu.
Omset per hari : Rp. 5000 x 16 = Rp. 80.000
Laba per hari/profit : Rp. 80.000 – Rp. 63.000 = Rp. 17.000
Laba per 16 hari : 16 x Rp. 17.000 = Rp. 272.000
Laba bersih = Rp. 272.000 – Rp. 63.000 = Rp. 209.000
BEP = Rp. 63.000 : Rp. 17.000 = 3705 porsi.
Berarti akan BEP dalam = 3705 : 16 = 231 hari










BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha Pisang Coklat ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini.
Segala saran dan kritik kami harapkan dari semua pihak karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.





















  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar